Rabu, 25 September 2019

RS232



Hi

Sekilas Sejarah & Pendahuluan

Pada tahun 1962, Electronic Industry Association (EIA) and Telecomunication Industry Association (TIA) telah menetapkan sebuah standar komunikasi data antar dua peralatan elektronik, yaitu Data Terminal Equipment (DTE) dan Data Communication Equipment (DCE) menggunakan pertukaran data biner secara serial (Serial Binary Data Interchang) yang diberi nama EIA/TIA-232.

Melalui standar EIA/TIA-232 dan sering disebut dengan RS232 mempunyai fungsi untuk menghubungkan atau mengkoneksikan perangkat yang satu dengan perangkat yang lain, yaitu mengkoneksikan DTE berupa komputer dengan DCE yang merupakan peralatan komunikasi berupa modem. Saat ini pemakaian RS232 digunakan sebagai port komunikasi data antara komputer dengan perangkat pelengkap komputer seperti mouse, printer, joystik game dan lain sebagainya.

Perkembangan teknologi mekatronik menyentuh hampir semua bidang terutama pada otomasi industri yang semua peralatan berbasis pada teknologi komputer dan mikrokontroler, untuk mengkomunikasikan antar devais, periperal ke periperal diperlukan port penghubung RS232 sebagai jalur I/O (input/output). Dan setiap jalur I/O pada periperal dilengkapi dengan konektor standar DB9 birisi 9 pin atau DB25 berisi 25 pin.
 Kata kunci: DCE, DTE, RS232, port I/O, DB9, DB25

Port Serial dalam PC
Untuk pemakaian lebih luas komunikasi antara komputer dengan komputer, sehingga bisa digunakan saling tukar menukar data.








Komunikasi antara komputer dengan peralatan otomasi dalam industri (PLC)dimana koneksi menggunakan fasilitas jalur port serial RS232.





Prinsip Kerja RS232

Komunikasi data secara serialdilakukan dengan metode untuk mengirimkan data dari sebuah pengirim secara bit per bit dengan kecepatan tertentu (bit per detik/bps),  dan penmgiriman dilakukan melalui jalur satu kawat (Tx) dan diterima oleh sebuah penerima (Rx) dalam waktu tertentu. Oleh karena komputer penerima dapat berfungsi sebagai pengirim begitu juga pengirim juga dapat berfungsi sebagai penerima, maka komunikasi dapat dilakukan dalam dua arah.
 
 Seperti diketahui bahwa dalam sebuah komputer data dialirkan melalui jalur (bus) data secara paralel dan data yang dikirimkan atau yang diterima melalui port serial, oleh karena itu dibutuhan suatu interface yang dapat mengubah dari jalur paralel menjadi jalur data serial.
Sebuah rangkaian RS232 yang dapat mengubah jalur paralel menjadi jalur serial ditunjuk oleh sebuah IC tipe 6850, yaitu sebuah rangkaian yang dikenal dengan istilah Asynchronous Communications Interface Adapter (UART).
Datasheet UART
  

 UART 6850 secara blok terdiri dari:
1.    sistem clock berfungsi sebagai sinkronisasi operasi seluruh sistem UART untuk terima data atau kirim data.
 2.    Chip select and R/W berfungsi sebagai kendali operasi UART oleh devais eksternal.
 3.    Data Bus Buffer berfungsi sebagai buffer data masuk dan data keluar secara paralel untuk dikoneksikan dengan sistem data bus pada mikro atau komputer..
 4.    Transmit Data Register berfungsi sebagai penampung data dari data bus buffer untuk segera dikirimkan secara serial.
 5.    Receiver Data Register berfungsi sebagai penampung data dari masukan serial untuk dikirim ke data bus buffer untuk dibaca oleh mikro atau komputer secara paralel.
 6.  Control Register berfungsi untuk mengendalikan proses kirim dan terima data terkait dengan devais eksternal.
 7.    Status Register berfungsi untuk mencatat status dari setiap proses yang dilakukan oleh UART.
 8.    Blok kontrol baik untuk terima data maupun kirim data yang merupakan bagian dari control register dalam operasi terima ataupun kirim data.
 9.    Pin-pin konektor yang digunakan untuk menghubungkan internal UART dengan devais eksternal.

Sekian,
Semoga dapat membantu

Source : VEDCMalang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar