Rabu, 25 September 2019

PORT SERIAL DB9

Hi
Berikut adalah port serial DB9, yang biasa dijumpai di perangkat komputer desktop, namun sudah mulai jarang atau bahkan tidak dijumpai di perangkat laptop.



Fungsi pin berdasarkan tabel di atas dapat dijelaskan sebagai berikut:
  1. Signal Ground (SG)berfungsi untuk memberikan masa (ground) pada setiap sinyal secara bersama (common signal ground).
  2. Transmit Data (TX)berfungsi sebagai saluran keluarnya data dari UART atau sebagai pengirim data ke devais secara serial.
  3. Receive Data (RX)berfungsi sebagai saluran masuknya data ke UART atau sebagai penerima data dari devais secara serial.
  4. Data Terminal Ready (DTR)berfungsi sebagai pemberi informasi status ke devais terkoneksi bahwaUART telah siap. Saat terkoneksi dan berkomunikasi dengan devais DTR perlu beri logika 1.
  5. Data Set Ready (DSR)berfungsi untuk menerima informasi status devais bahwa devais siap utnuik diakses oleh komputer melalui UART.
  6. Request to Send (RTS)berfungsi sebagai isyarat permintaan UART ke devais untukmemfasilitasi bahwa UART akan mengirimkan data ke devais.
  7. Clear to Send (CTS) berfungsi sebagaipenerima jawaban atas pengiriman isyarat RTS bila modem/piranti telah menerima data.
  8. Data Carrier Detect (DCD) berfungsi sebagai penerima isyaratagar komputer bersedia menerima data pada pada waktu tertentu.
  9. Ring Indicator (RI) berfungsi menerima isyarat dari modem bahwa ada devais (eksternal) yang membutuhkan koneksi dalam rangka pengiriman atau permintaan data.
Pin Connector DB9

Dengan memanfaatkan pin konektor RS-232 dapat digunakan untuk mengkoneksi secara data serial di antara komputer dan modem atau piranti lain.


Perbedaan DB9 dan DB25

 
Spesifikasi elektronik dari serial port merujuk pada Electronic Industry Association (EIA) :
  1. “Space” (logika 0) ialah tegangan antara + 3 hingga +25 V.
  2. “Mark” (logika 1) ialah tegangan antara –3 hingga –25 V.
  3. Daerah antara + 3V hingga –3V tidak didefinisikan /tidak terpakai
  4. Tegangan open circuit tidak boleh melebihi 25 V.
  5. Arus hubungan singkat tidak boleh melebihi 500mA.



Sekian,

Semoga dapat membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar