Rabu, 18 September 2019

SOUND CARD PORT


Hi,

Di dalam PC, terdapat banyak colokan/bolongan yang biasa kita gunakan untuk memasukkan flash disk, memasukkan mouse dan keyboard, mencolokkan earphone/speaker/headphone, dan memasukkan kabel power supply untuk menghidupkan PC kita. Colokan-colokan tersebut dinamakan port. Salah satu port yang tersedia adalah port sound card dimana biasanya kita memasukkan kabel speaker, headphone, earphone untuk mendengarkan audio di PC.

Mengenal Kartu Suara (Sound Card) Komputer

Itulah sebabnya, komputer desktop yang berfungsi sebagai pusat hiburan seharusnya mempunya kartu grafis atau graphic card dan kartu suara atau sound card. Kartu suara inilah yang bertugas menghasilkan kualitas suara yang tinggi. Kartu suara adalah kartu ekspansi komputer internal yang digunakan untuk memproses file audio sehingga dihasilkan suara (playback) dengan kualitas tinggi melalui speaker komputer.
SoundCard pada Motherboard
Kartu suara memutar suara dan file musik serta menangani berbagai format file audio seperti .wav, .mp3, dan .cda. Jadi dapat dipastikan bahwa kwalitas suara yang dihasilkan tergantung pada kartu suara dan juga speaker yang digunakan. Untuk memaksimalkan kinerjanya, kartu suara perlu dikonfigurasi dan digunakan dengan bantuan software aplikasi dan driver, meskipun sebenarnya sistem operasi seperti Microsoft Windows dapat juga mendeteksi dan memuat driver secara otomatis.

Port-port di soundcard

Di bagian belakang kartu suara terdapat koneksi (port atau jack) audio dengan beberapa warna berbeda dan juga simbol-simbol konektor yang ada di samping masing-masing koneksi. Warna dari konektor ini umumnya adalah warna standar dan telah digunakan secara luas, namun beberapa merek kartu suara mungkin menggunakan warna berbeda. Berikut ini adalah beberapa koneksi yang ada di bagian belakang kartu suara:

  • Digital out (warna putih atau kuning dengan kata "Digital out") digunakan untuk mengirim Dolby digital atau DTS surround sound sebagai aliran audio digital tersandi ke sistem home theater atau sistem speaker digital.
  • Sound in atau line in (warna biru dan simbol panah yang menunjuk gelombang). Koneksi ini digunakan untuk sumber audio eksternal seperti tape recorder, record player dan CD player.
  • Microphone atau Mic (warna merah muda dan simbol microphone). Koneksi ini digunakan untuk microphone atau headphone.
  • Sound out atau line out (warna hijau dan simbol panah yang menunjuk keluar gelombang). Merupakan koneksi suara utama untuk speaker atau headphone. Kartu suara dalam contoh ini juga mempunyai koneksi kedua (warna hitam) dan yang ketiga (warna oranye).
  • MIDI (warna emas dengan 15 lubang kecil). Koneksi ini digunakan untuk menghubungkan instrumen musikal dan juga dapat difungsikan sebagai port game ( joystick atau gamepad).


Atau untuk memudahkannya, dengan gambar

Warna Port-port tersebut adalah standart yang dipakai oleh perusahaan sound card di seluruh dunia.







Semoga Tulisan ini dapat membantu,

Sekian.

Source:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar